Senin, 28 Januari 2013

#Reportase09 : "Aduuuhhh ibu....omonganmu itu doa!!"

Assalamu'alaikum......MyEm0.Com

Ketemu lagi nih di reportase wita berikutnya.....MyEm0.Com
Nah...Hari ini mau bahas tentang pengalaman wita selama bantu ngajar di bimbel Al-Buruuj.. (Walau lebih sering bolosnya...Hehehe...MyEm0.Com)

Sebelumnya pengenalan dulu...
Bimbel Al-Burujj itu proyek temen-temen wita dibawah Yayasan Rubi Indonesia. Kita ngajarin matematika ke anak-anak disekitar daerah tempat kita sering maen. UntuK Bimbel Al-Buruj kita 'maennya' di daerah kampus cilibende sampe malabar... Dan ini kita lakuin GRATIS lho... Cuma untuk nambah-nambah pengabdian kita aja buat Indonesia MyEm0.Com (Halaaaaahhh...lebay!!!)

Ini murid-murid Al-Buruuj di malabar diajar sama guru manis yang narsis (hehehe...)


Nah ceritanya dimulai pas sosialisasi pertemuan petama mentor dan murid di cabang bimbel ke-2 kita, di malabar.... Ceritanya hari pertama cuma datang 3 murid (udah biasa..... nyerah??kapok?? ya enggak lah!!MyEm0.Com). Nah ada salah satu orang tua murid ada yang ikut untuk ngeliat sistem belajar kita. Karna murid yang dateng sedikit, ada beberapa mentor yang nganggur (ga megang murid) nemenin orang tua murid itu ngobrol. Kebetulan ngobrolnya disebelah wita ngajar,jadi omongan si orang tua murid kedengeran. Sebenernya yang diomongin orang tua murid bkan suatu hal yang macem-macem, dia ngomongin anaknya sendiri,tapi yang diomonginnya itu lohhhh.....MyEm0.Com Begini kira-kira omongannya :

Ibu : "Alhamdulillah ibu seneng disini ada bimbel... Anak ibu itu di sekolahnya paling lambat dibanding temen-temennya yang lain..." 
Mentor A : *mendengarkan*MyEm0.Com 
Ibu : "Mungkin karena  dia pindahan.. Dulu ibu tinggal di kalimantan, baru semester  ini pindah ke jawa... Apa mungkin kurikulumnya beda yah?" 
Mentor A : *senyum-senyum* "Mungkin bu..." 
Mentor B : *buka bungkus snack*MyEm0.Com 
Ibu : "Iya, kalau dulu di kalimantan ada bapaknya yang galak yang ngajarin... Sekarang kan saya sibuk di dapur, ngurusin adik-adiknya jadi gak kepegang...." 
Mentor B : "snacknya bu...."MyEm0.Com *muka datar* 
Ibu : "Oh iya silahkan.... iya kayak sekarang matematika yang dulunya bisa di atas 6 sekarang lambat banget anaknya cuma dapet 5,4...... Sampe galak saya ngajar...Apa disini cara ngitungnya beda?" 
Mentor A : "Hehehe...sama bu... mungkin masih adaptasi..." 
Mentor B : *mendengarkan*MyEm0.Com *makan snack* 
Ibu : "Iya saya minta tolong anak saya di privat juga gapapa, soalnya dibanding yang lain agak bodoh, paling lambat dia..... Saya sampe berbusa ngajarin dia juga gabisa....." 
Mentor A : *nyimak* "Ohh... nggak usah bu, kita memang gratis... kalau untuk privat mungkin agak susah soalnya kita ada yang masih kuliah dan ada yang kerja.." 
Mentor B : *ngeliatin ibu*MyEm0.Com *lanjut makan snack* *nawarin ke wita* 
Ibu : "Yah...sayang banget..."

Yups...dmikian perbincangan panjang yang wita singkat. Setiap si ibu mengatakan "anak saya lambat...anak saya paling lambat...anak saya bodoh...." itu semua dikatakan di depan teman-temannya, disaat si anak masih belajar. 
Masyaallah...luar biasanya si anak tetep ketawa-ketawa aja sama temen-temennya seakan-akan gak denger semua doa-doa buruk sang ibu terhadap anaknya. Tapi tahukan kalian??? Saat itu HARGA DIRI SANG ANAK DI DEPAN TEMAN-TEMANNYA TELAH DIHACURKAN OLEH SANG IBUMyEm0.Com. Tahukah kalian?? Saat itu RASA PERCAYA DIRI SI ANAK SEDANG DI PUKUL HANCUR BERKEPING-KEPING OLEH SANG IBUMyEm0.Com. Tahukan kalian??? Saat itu JUSTRU SANG IBU  SEDANG MENDOAKAN ANAKNYA MENJADI LAMBAT...MENJADI PALING LAMBAT...MENJADI BODOH....MyEm0.Com

Karena apa??? KARENA OMONGAN SEORANG IBU........ KARENA OMONGANMU ITU ADALAH DOA WAHAI IBU....MyEm0.ComMyEm0.Com

Jujur saat itu sambil ngajar wita gregetan banget pengen ngasih selotip di mulut si ibu. Silahkan si ibu menceritakan tentang anaknya, kekurangaannya (untuk meminta saran tentunya) TAPI TIDAK DI DEPAN SANG ANAK!!!MyEm0.Com

Tapi subhanallah.... Setelah beberapa kali berhalangan ngajar (baca : bolos) minggu kemarin ketemu anak itu ternyata dia tetep semangat untuk ikut bimbel. Bahkan  dia yang ngajak temen-temennya buat bimbel... Alhamdulillah....MyEm0.Com

Dan ternyata anak itu bukan lambat...bukan bodoh... ternyata dia tipe visual....sangat visual.... (Akan kita bahas di reportase berikutnya....)

Semoga teman-teman dapat memetik hikmah dari reportase wita kali ini.... Setiap anak adalah bintang yang bersinar... Tentunya semakin orang tua membimbingnya maka semakin terang pancaran sinar sang anak...MyEm0.Com

Terimakasih...

Wassalamu'alaikum Wr WbMyEm0.Com

Saya, Roswita Puji Lestari melaporkan dari blog pribadi saya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar